Mudik Irit Surabaya Padang


tradisi unik lebaran masyarakat muslim Indonesia (ga tau juga tuh.. ama muslim di negara lain. kayaknya kongruen deh.. 😀 ) yaitunya Mudik.

tau kan ya… mudik itu berarti pulang kampung. biasalah.. orang kita suka mencari penghidupan di tempat jauh. Dan di beberapa daerah malah punya budaya sendiri tentang yang satu ini.. tak kasi contoh daerah sumatera barat. Urang minang terkenal dengan “Merantaunya” dimana-mana mereka ada.. biasanya gak jauh-jauh dari dunia ‘manggaleh’ (=berdagang).

OK…

ngomongin Mudik, artinya jalanan bakal penuh.. dibeberapa titik akan macet, bandara dan stasiun full.. artinya lagi harga-harga tiket melambung tinggi. Banyak yang mensyiasati mudik agar lebih irit. Kantong gak kempes2 amat, ketemu sodara di kampung teuteup…

Seperti kisah yang satu ini…

#Perjalaan Mudik Surabaya-Padang dengan sisi lain.

1. Pesan Tiket Kereta Api Surabaya-Jakarta

harga tiket ekonomi= 45rb

harga tiket ekonomi AC= 145 rb

harga tiket bisnis = 200rb (kalo ga salah)

harga tiket Eksekutif = 350 rb

 untuk tiket ekonomi (AC/non AC) mesti langsung di beli di agennya, sedangkan untuk bisnis dan eksekutif bisa direservasi lewat online.

Perbedaannya adalah, kereta ekonomi (AC/non AC) satu lokomotif, sering berhenti-berhenti hatta di stasiun2 kecil sekalipun. dan yang paling eneghnya adalah di perjalanan sering berhenti dulu untuk mempersilakan kereta Eksekutif untuk jalan duluan. Akibatnya lama nyampe dech.. ^_^ jam

2. Ke stasiun Kereta Api

Misalkan saja posisi anda di Kawasan Ketintang,  anda bisa menggunakan layanan Taksi untuk mengantarkan anda ke stasiun Kereta Api Gubeng (contoh yg dipakai adalah stasiun Gubeng). Sekitar 35 ribuan, (–dan kalau dipakai berdua atau bertiga lebuih irit lagi 😉 )

Selain Taksi, anda juga bisa menggunakan angkot, tapi sejauh pemantauan writer, di ketintang jarang banget nemu angkot. fiuh

3. Check in Ke kereta Api and go!!!

keren ya bahasanya , check in, haha, beda dengan di bandara yang mesti check in sejam sebelumnya, di stasiun kita di panggil untuk menaiki kereta lebih kurang sama dengan jam yang tertera di tiket kita.

Nah tentang kelas kereta api apa yang anda pilih?

Perbedaannya adalah, kereta ekonomi (AC/non AC) satu lokomotif,tempat duduk nya berhadap-hadapan. Kereta jenis ini sering berhenti hatta di stasiun2 kecil sekalipun. dan yang paling eneghnya adalah di perjalanan sering berhenti dulu untuk mempersilakan kereta Eksekutif untuk jalan duluan. Akibatnya lama nyampe dech.. ^_^ jam 14.00 WIB- di jakarta pasar senen jam 7.15 WIB

Satu lagi, di kereta ekonomi AC ya jelas lah ya ada ac nya. ehm dan tempat duduknya pake busa jadi empuk. Kabarnya kalo di ekonomi non AC kagak pake busa… idiih.. ampun deh.

Nah kalao bisnis dan eksekutif lebih nyaman, tempat duduknya tidak berhadap2an, searah seperti di pesawat. Kalao bisnis pake kipas angin, eksekutif pake AC. Lebih cepat, hanya berhenti di stasiun-stasiun besar saja.

tapi kalau lu kagak keburu waktu, saran gua sih ambil yang Ekonomi AC aja dech… kalau mau cepat, nanggung kalo eksekutif, mending naik pesawat aja.. ada yang 350 ribuan juga kok untuk surabaya- Jakarta nya.

4. Naik Bus Way

Writer memilih berhenti di stasiun pasar senen, kemudian nyambung ke bus way. Akibatnya, dari stasiun mesti jalan dulu dikit ke halte bus way. Cukup dengan Rp 3,500 saja anda sudah bisa dapetin tiket bus way menuju Terminal Bus Kali Deres. eitsss ngapain ke kali derees??? ntar gua ceritain.

5. Naik Bus dari Kali Deres ke pelabuhan Merak, Banten

nah ini die, kenapa kita mesti ke Kali deres, ya untuk naik bus lah…

pilihan beragam, namun writer kebagian naik bus Arimbi. 20,000 rupiah saja.

Berapa jam di jalan yach… lupa nih. googling aja ya coy. siip

6. Naik Kapal Ferry ke Bakauheni

Sesampai di merak, lu mesti beli tiket penyeberangan yang harganya Rp 11.500 lalu ngantri untuk masuk ke kapal Ferry nya.

Di dalam kapal ada beberapa kelas.

Ada kelas Ekonomi, –> kata orang sih kagak pake kursi, hanya disediakan tikar2 untuk lesehan…

Ada Kelas II,–> nah ini nyaman, lursinya empuk, lapang dan ber AC, bayar lagi Rp 6,000

Ada Kelas I,–> writer belum sempat nengok atau dapat kabar dari orang2 tentang yang satu ini. tapi yang jelas bayarnya Rp 8,000

7. Jalan darat dengan mobil dari Bakauheni ke Padang

Nah dari bakauheni, kita bisa naik Bus menuju Padang.

Tapi kalau writer sih lebih irit lagi, bahkan gratis, plus makan minumnya.. hehe

Ya iya lah… kan nebeng sama mobil familynya temen…. nyampe ke Padang. wkwkwk

Tapi resikonya, mesti ikutan deh, mampir sana, mampir sini… nginap dulu dll. makin lama deh nyampe ke padang. Tapi gratis cuy….

oya darui stasiun kereta untuk sampai ke lampung ada alternatif lho. Anda bisa naik Damri dari Stasiun Gambir (turun mesti di stasiun Gambir, atau ke Gambir dulu) langsung menuju kota lampung dengan harga antara 115 rb- 150 ribu..

Begitulah… irit kan jika dibanding dengan pesawat surabaya-padang. jutaan mas bro….

Selamat Ied, maaf lahir batin ^_^

 

 

 


Leave a comment